Rabu, 05 Januari 2011

tugas softskill

Wirausahawan dapat dibilang sebagai pemimpin atau manajer karena bertanggung jawab atas perkembangan dan kelangsungan kehidupan atau usaha organisasi.
Ada yang berpendapat bahwa suatu organisasi apapun jika tidak ada yang memimpin, dengan sendirinya tidak berkembang bahkan akan merosot. Dilain pihak,  jika organisasi tersebut tidak ada yang merencanakan, mengatur dan mengendalikan jalannya usaha organisasi, maka organisasi tersebut akan runtuh. Artinya  bahwa suatu or-ganisasi apakah itu yang komersial maupun yang sosial, dengan sendi-rinya memerlukan pengaturan-manajemen dan pengarahan  dari seseorang yang mempunyai sifat kepemimpinan.
Selanjutnya jika organisasi tersebut merupakan organisasi-bisnis, yang biasanya didirikan oleh wirausaha, maka dengan sendirinya kelangsungan usahanya akan terkait dengan faktor manajemen dan kepemimpinan. Dapatlah wirausaha yang menjalankan organisasi-usaha tersebut dikatakan sebagai seorang “manajer-pemimpin” yang bertanggung jawab dalam mengarahkan dan menjalankan usaha.
Secara sederhana perbedaan antara pemimpin dan manajer adalah sebagai berikut:
a.     Pemimpin mengembangkan organisasi dan melakukan inovasi,manajer bertugas menjaga agar fungsi organisasi berjalan.
b.     Pemimpin fokus (berorientasi) terhadap pengembangan manusia manajer fokus terhadap fungsi manajemen dan berorientasi pada sistem atau peraturan organisasi.
c.      Pandangan pemimpin selalu kedepan, manajer berpandangan jangka pendek.
d.     Pemimpin mengantisipasi terhadap perubahan, manajer bere-aksi terhadap perubahan.
e.     Pemimpin selalu berpikir secara komprehensif global, manajer melakukan tindakan langkah de-mi langkah.
f.       Pemimpin menciptakan kultur,manajer hidup dalam suatu kultur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar